Minggu, 10 Juli 2011

Hadapilah.. Jangan Hindari Masalahmu


Ada pepatah yang mengatakan :
"Seperti seseorang yang lari terhadap singa, seekor beruang mendatangi dia, dan ketika ia sampai ke rumah, bertopang dengan tangannya ke dinding, seekor ular memagut dia!"

Pernahkah saudara berusaha lari dari persoalan? Saya kira tidak seorang pun di muka bumi ini yang suka kepada persoalan termasuk kepada mereka yang katanya suka dengan tantangan. Semua orang tentu pernah berusaha lari dari persoalan. Sayangnya semakin jauh kita menghindar semakin rumit persoalan tersebut berkembang.
Perhatikan pepatah di atas. Tidak ada tempat sama sekali sesungguhnya untuk menghindar dari pencobaan. Persoalan atau pencobaan bukanlah hantu yang dapat mudah kita usir atau hindari. Kita tidak punya pilihan lain ketika menghadapi pencobaan selain menghadapinya.
Semakin cepat kita mengambil keputusan untuk menyelesaikan persoalan semakin cepat pula persoalan tersebut selesai. Cara terbaik menghadapi persoalan adalah dengan bersandar kepada Tuhan. Memang kita juga boleh menggunakan hikmat kita sebagai manusia, hikmat yang senantiasa Tuhan urapi. Tetapi kenali keterbatasan akal budi kita. Bila akal budi kita sudah tidak mampu lagi maka saatnya bagi kita untuk bekerjasama dengan kehendak dan rencana Tuhan melalui pencobaan dan persoalan yang sedang kita hadapi.
Dengan bersandar penuh kepada Tuhan. DIA pasti menuntun hidup kita. Tuhan punya maksud untuk setiap pencobaan atau permasalahan yang DIA izinkan terjadi.
Karenanya DIA juga menyediakan jalan keluar bagi kita dan DIA tidak akan membiarkan kita dicobai melebihi kekuatan kita, manakala kita benar2 tidak mampu, tidak kuat dan seolah-olah semua jalan sudah tertutup maka DIA dengan penuh kasih dengan kuasaNYA yang tidak terbatas akan menopang kita dan pasti akan segera memberi kita pertolongan dengan caraNYA yang ajaib.

2 komentar:

Tami Utami mengatakan...

Dia Tuhan tak akan pernah membiarkan kita berjalan sendiri bahkan pada saat kita tak berdaya Ia sedang menggendong kita...

Martha Wulandari mengatakan...

Sebagai org beriman kita harus yakin bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan kita disaat kita menghadapai berbagai persoalan yg penting kita yakin dan percaya bahwa Tuhan selalu menyertai kita...